Misi Yang Mustahil

oleh

firmanutina16Harus menang dengan selisih tujuh gol atas Laos, sementara Vietnam kudu bertekuk lutut di hadapan Filipina. Apakah kemungkinan itu bisa terwujud untuk Indonesia demi lolos ke semifinal Piala AFF 2014 dari Grup A? Bisa jadi ini mimpi itu mustahil terjadi.

Apalagi Filipina juga tidak ingin memelihara “anak macan” dengan berusaha keras mengalahkan Vietnam dan berharap gawang Laos dibombardir Indonesia. Lagipula sekarang kekuatan Vietnam dan Filipina relatif seimbang. Tidak seperti di periode 1990 sampai awal 2000. Lebih penting lagi Vietnam tinggal butuh satu poin untuk menyingkirkan Indonesia.

Hanya, meski tenaga para pemain dalam dua laga Grup A begitu drop, mereka berusaha optimistis. Kapten kedua timnas, Zulkifli Syukur, menegaskan semua pemain tetap fokus untuk mengalahkan Laos dalam pertandingan terakhir Grup A, Jumat (28/11).

“Saya tegaskan di sini bahwa kami ingin menang lawan Laos. Skornya berapa, lihat saja nanti. Kami juga tidak patah semangat untuk memanfaatkan peluang sekecil apa pun,” kata Zulkifli yang juga pemain Mitra Kukar ini seusai latihan.

Terkait kekalahan telak dari Filipina, Zulkifli juga meminta masyarakat Indonesia tidak menyalahkan pelatih Alfred Riedl. Meski Alfred juga pernah berucap dirinyalah yang harus disalahkan bila Indonesia gagal ke semifinal.

(topskor)