Timnas Indonesia vs Laos 5-1, Garuda Menang Tapi Tersingkir Dari AFF Cup 2014

oleh

timnasHasil Timnas Indonesia vs Laos dalam laga terakhir Grup A Piala AFF Suzuki Cup 2014 di Vietnam berakhir dengan skor telak 5-1. Meskipun menang, tapi tim Garuda tetap tersingkir dari Piala AFF Cup 2014 karena hanya finish di peringkat 3 klasemen akhir. Laos sendiri sudah dipastikan terdepak sebelum menghadapi Indonesia.

Indonesia harus angkat kaki lebih cepat dari turnamen bergengsi Asia Tenggara ini karena di saat yang sama, tuan rumah Vietnam mampu mengalahkan Filipina dengan skor 3-1. Dengan demikian, pelatih Indonesia, Alfred Riedl, gagal mewujudkan target yang dibebankan kepadanya, yakni menjadi juara AFF Cup 2014
Di babak pertama, anak-anak Merah Putih unggul cepat di menit 8 berkat aksi Evan Dimas. Eks kapten Timnas Indonesia U19 ini tampil cemerlang dengan mencetak gol di laga debut resminya bersama tim nasional senior. Menit 20, Indonesia menggandakan keunggulan melalui Ramdani Lestaluhu.

Namun, skor 2-0 tak bertahan lama. Tujuh menit berselang, Supardi diganjar kartu merah karena melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Laos. Penalti pun diberikan dan dieksekusi dengan sempurna oleh Khampeng Sayavuth. Skor 2-1 bertahan hingga jeda.

Tampil dengan 10 orang, Indonesia justru mampu menambah gol di babak kedua. Penetrasi Evan Dimas dari sisi kiri gagal dihentikan bek lawan. Umpan tarik pun dilepaskan, namun gagal disambar Cristian Gonzales. Beruntung, ada Ramdani Lestaluhu yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Laos. Indonesia unggul 3-1.

Meskipun lebih sering mendapat tekanan, namun Indonesia lagi-lagi sukses memperbesar skor. Adalah Zulham Zamrun yang kali ini unjuk gigi. Crossing terukur dari Muhammad Ridwan mampu dijangkau Zulham Zamrun dengan cantik dan gol! Skor 4-1 untuk Indonesia.

Kapten Laos, Ketsada Souksavanh, membuat timnya semakin terpuruk setelah membuat gol bunuh diri jelang pertandingan berakhir. Laga pun dipungkasi dengan skor 5-1 untuk Indonesia meskipun tim Merah Putih tetap gagal melaju ke babak semi final AFF Cup 2014.

(sidomi)