Rio Cukup Puas meski Sempat Meluncur ke Luar Lintasan

oleh

SPORTAMAS RIODriver Formula 1 Indonesia Rio Haryanto cukup puas dengan laju pertamanya di mobil MRT05. Sempat mengalami insiden, Rio mengaku melakukan sedikit kesalahan.

Rio menjalani debutnya sebagai pebalap F1 kala menjalani tes pramusim hari ketiga di sirkuit Catalunya, Rabu (24/2/2016). Pebalap 23 tahun itu mencatatkan waktu terbaik satu menit 28.249 detik di hari ini dan menempati posisi 12.

Catatan itu sedikit lebih baik daripada milik rekan setimnya di Manor, Pascal Wehrlein, pada hari pertama dengan satu menit 28.282 detik. Rio juga melahap lebih banyak putaran yakni 76 putaran, dibandingkan Wehrlein di hari pertama (54) dan kedua (71).

Laju Rio sempat ternoda dengan insiden kecil di pengujung sesi pagi. Pebalap kelahiran Surakarta itu tergelincir ke luar trek di tikungan lima walaupun tak mengalami sesuatu yang serius. Rio mengakui insiden ini murni kesalahannya, tapi senang bisa kembali melaju dengan oke.

“Saya membuat kesalahan kecil, dan begitulah,” kata Rio dikutip GPUpdate.

“Tidak ada kerusakan pada mobil jadi kami berhasil melaju lagi di sore hari. Kami mencatatkan putaran terbanyak dibandingkan dua hari pertama, jadi ini sangat produktif,” tambahnya.

Melahap sebagian besar putaran menggunakan ban berkompon medium, Rio berangsur-angsur memperbaiki catatannya sejak pertama kali masuk lintasan. Sepanjang hari dia memang lebih banyak berkutat dengan kompon medium dan keras, sehingga belum mampu melakukan time attack dengan optimal.

Rio juga menjadi satu-satunya pebalap rookie atau debutan di tes pramusim hari ketiga. Dia akan kembali ke lintasan untuk menjalani tes keduanya, atau hari keempat di Barcelona, Kamis (25/2) ini.

(Detik)