Achmad Jufriyanto Putuskan Mundur dari Persib Bandung

oleh

Bek Persib Bandung Achmad Jufriyanto membuat keputusan mengejutkan. Pemain yang akrab disapa Jupe itu memutuskan mundur dari skuad Maung Bandung.

Hal tersebut dikatakan mengejutkan karena Achmad Jufriyanto baru saja meneken kontrak kerja selama 2 tahun. Jupe rencananya akan bergabung bersama klub asal Malaysia, Kuala Lumpur FA.

Putusan pergi dari Persib Bandung itu dikatakan Jupe sesaat setelah kekalahan 0-1 dari PSM Makassar dalam lanjutan turnamen Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (26/1/2018) malam.

“Pada akhirnya saya harus mengucapkan (perpisahan) ini. Saya tidak mengharapkan momen ini terjadi karena kurang tepat. Saya lebih senang kalau hasilnya baik untuk Persib, lebih enak mungkin saya menyampaikannya,” ujar Jupe.

Jupe menuturkan, keputusan mundur dari Persib sudah dipikirkan sangat matang. Tawaran ke Malaysia itu datang sebelum ia meneken kontrak baru bersama Persib.

“Takdir berkata lain, saya juga harus menentukan sikap,” kata Jupe melanjutkan.

Bek Persib Bandung Achmad Jufriyanto saat mengucapkan pernyataan terakhirnya setelah memutuskan untuk mundur dari skuat Persib, Jumat (26/1/2018) malam.KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Bek Persib Bandung Achmad Jufriyanto saat mengucapkan pernyataan terakhirnya setelah memutuskan untuk mundur dari skuat Persib, Jumat (26/1/2018) malam.

“Sebetulnya, ada dua tawaran buat saya dan itu awalnya bukan ke Malaysia, melainkan ke Thailand. Kenapa saya pilih Malaysia karena memang klub tersebut serius lakukan pendekatan ke saya sebelumnya,” tutur dia.

Jupe mengaku cukup berat mengambil keputusan tersebut. Namun, sebagai pemain profesional, kondisi dan langkah seperti ini harus diambil.

“Pada awalnya berat buat saya untuk mengatakan ini tetapi kita tidak akan tahu apa yang terjadi ke depan termasuk pilihan saya memutuskan (berpisah),” kata Jupe.

“Saya harus mengucapkan ini, saya harap semua teman-teman mendukung keputusan saya. Keputusan ini diambil demi kebaikan bersama. Tidak ada yang dirugikan di sini, saya, pelatih, manajemen, semuanya, keputusan ini untuk kebaikan bersama,” kata dia memungkasi.

Achmad Jufriyanto merupakan salah satu pemain yang berjasa mengantarkan Persib Bandung menjadi kampiun saat masih dilatih Djadjang Nurdjaman. Pindah ke Malaysia akan membuat dia mengikuti jejak Andik Vermansah dan Ilham Udin Armayn, meski berbeda klub.

(KOMPAS.com)