FIFA Matchday, Turunkan Timnas Indonesia Senior atau U-23?

oleh

Setelah turun delapan posisi, Timnas Indonesia memiliki kesempatan untuk mendongkrak posisi pada peringkat FIFA. Kesempatan itu ada dalam periode FIFA Matchday pada akhir Maret 2018.

Timnas Indonesia kini harus menempati urutan ke-162. Tentu, itu menjadi sebuah kabar buruk.

Padahal, sebelumnya posisi Indonesia terus memperlihatkan progres sejak Mei 2017. Dari posisi ke-177, Indonesia mampu melesat ke urutan ke-154 pada rilis peringkat FIFA per November 2017.

Kebetulan, ada periode FIFA Matchday yang bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk kembali memperbaiki posisi. Masalahnya, PSSI sendiri belum memutuskan apakah akan menurunkan Timnas Indonesia senior atau U-23 yang tengah mempersiapkan diri menuju Asian Games 2018.

“Akhir bulan ini kita ingin finalisasi dengan Luis Milla. Ada dua concern. Itu kan FIFA matchday. Dan itu berpengaruh pada peringkat. Apakah itu timnas senior untuk persiapan AFF Suzuki Cup atau U-23 untuk Asian Games. Akhir bulan kita pastikan,” kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Usai TC Timnas U-23

Latihan Timnas Indonesia di Lapangan ABC Senayan. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Saat ini PSSI memang tengah fokus membentuk Timnas Indonesia U-23. Itu karena Asian Games 2018 merupakan ajang prestisius di mana Indonesia tampil sebagai tuan rumah dan memiliki target besar.

Ya, tim besutan Luis Milla itu diharapkan bisa finis di empat besar. Untuk 28, pemusatan latihan (TC) pertama pun sudah dilakukan usai melawan Islandia, Minggu (14/1/2018). TC skuat Garuda Muda dihelat di Lapangan ABC, Senayan, hingga 21 Januari.

“Belum ada keputusan, tapi tidak lama lagi. Setelah TC 21 Januari selesai, kami akan segera bertemu dengan Luis Milla. Calon lawannya adalah Asia,” Jokdri menambahkan.

(Liputan6.com)