Messi Gagal Penalti, Barcelona Ditekuk Espanyol

oleh

Barcelona menelan kekalahan pertama musim ini setelah ditekuk Espanyol 0-1 pada leg pertama babak delapan besar Copa del Rey 2017/2018, Rabu (17/1/2018) malam waktu setempat atau Kamis (18/1/2018) dini hari WIB.

Barcelona menemui tembok tangguh dalam laga bertajuk Derby Katalan di RCDE Stadium ini. Eksperimen Pelatih Ernesto Valverde yang menurunkan duet Lionel Messi dan pemain muda Carles Alena sebagai starter di posisi penyerang membuahkan hasil negatif.

Hingga babak pertama usai, Barcelona tak mampu mencetak gol. Meski penguasan bola hingga 66% berbanding 34%, Blaugrana tetap tumpul, dan hanya mampu menghasilkan satu tembakan tepat ke gawang dan empat kali tembakan melenceng.

Di babak kedua, Valverde mencoba mencari gol. Ivan Rakitic dimasukkan menggantikan Paulinho pada menit ke-54, sedangkan Luis Suarez menggantikan Carles Alena di menit ke-59, dan Denis Suarez keluar digantikan Rafinha.

Upaya Valverde berhasil. Barcelona terus menekan dan puncaknya Blaugrana mendapat penalti setelah Esteban Granero mengganjal Sergi Roberto di kotak terlarang menit ke-63.

Sayangnya, Messi yang menjadi algojo gagal mengonversinya menjadi gol.  Tembakannya dimentahkan kiper Espanyol Diego Lopez. Ini kegagalan ketiga Messi dalam mengeksekusi penalti dari enam kesempatan di semua kompetisi.

Barcelona justru kecolongan Oscar Melendo pada menit ke-88, setelah memaksimalkan umpan silang  Marc Navarro. Leg kedua akan digelar di Camp Nou pada 25 Januari mendatang.

Susunan pemain

Espanyol (3-5-1-1): D. Lopez; Navarro, Naldo, Duarte; Aaron Sanchez, D. Lopez, Fuego, Granero, Darder; Moreno
Cadangan: P. Lopez, Vila, Melendo, Mario, J. Lopez, Piatti, Baptistao

Barcelona (4-4-2): Cillessen; Digne, Pique, Vermaelen, Roberto; Denis Suarez, Busquets, Paulinho, Aleix Vidal; Messi, Alena
Cadangan: ter Stegen, Semedo, Alba, Rafinha, Gomes, Rakitic, Suarez

(Sindonews.com)