Persib Kandaskan Sriwijaya 1-0

oleh

Persib Bandung memetik poin penuh pada laga perdana Grup A Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Sriwijaya FC 1-0. Gol tunggal Maung Bandung dicetak oleh In Kyun Oh pada menit ke-55.

Tanpa Febri Haryadi yang belum kembali dari timnas bersama Victor Igbonefo dan Henhen Herdiana, pelatih Roberto Carlos Mario Gomez memercayai striker muda Puja Abdillah sebagai starter. Ia menjadi penopang di sisi kiri bagi striker tunggal Ezechiel N’Douassel di lini depan, sedangkan di sisi kanan sang pencetak gol terfavorit Liga 1 2017, Billy Keraf pun diturunkan sejak menit awal.

Meskipun demikian, kehilangan Febri cukup mengurangi daya gedor Persib di babak pertama. Apalagi Michael Essien kali ini turun pada posisi aslinya sebagai gelandang bertahan.

Di posisi gelandang serang, In Kyun Oh yang berbagi tugas dengan ‘si anak hilang’ Eka Ramdani, belum mampu memberikan suplai bola yang matang sepanjang babak pertama kepada Ezechiel, Puja maupun Billy.

Selain itu, pengawalan ketat Novan Sasongko dan Bio Paulin membuat Ezechiel kesulitan menembus kotak penalti Sriwijaya. Ia sempat mendapat dua peluang cukup baik pada menit ke-31 dan 35, sayang tendangannya masih belum menemui sasaran.

Sebaliknya, Sriwijaya pun bermain terbuka sehingga pertandingan berlangsung menarik. Meski belum berbuah hasil, Sriwijaya juga sempat membahayakan gawang Persib lewat aksi M. Nur Iskandar, Adam Alis dan Makan Konate.

Setelah skor kacamata di babak pertama, jual beli serangan kembali terjadi di babak kedua. Kedua tim silih berganti melancarkan serangan walaupun belum disertai sentuhan akhir yang baik.

Persib mendapat peluang emas lewat tendangan bebas pada menit ke-49. Namun tendangan yang sempat membentur tembok pertahanan Sriwijaya, meluncur pelan ke arah gawang sehingga mampu ditepis oleh Teja Paku Alam.

Kerja keras skuad Pangeran Biru akhirnya berbuah manis pada menit ke-55. Berawal dari kerjasama dengan Tony Sucipto, Ezechiel bisa menembus kotak penalti dan menciptakan kemelut.

Tak mendapat ruang tembak, Ezechiel tetap berupaya mengobrak-abrik pertahanan Sriwijaya. Alhasil, bola liar mampu dimanfaatkan In Kyun Oh dan sambil membalikan badan gelandang berkebangsaan Korea Selatan itu melepaskan tendangan yang bersarang di pojok kanan atas gawang Teja.

Gol itu membuat Sriwijaya tersengat dan mencoba membalas lewat serangan-serangan sporadis. Namun hingga peluit akhir, kedua tim tak mampu mencetak gol tambahan.

(PR).