Piala Presiden, Hat-trick Lilipaly Bawa Bali United Taklukkan Borneo FC

oleh

Bali United meraih poin penuh setelah mengalahkan Borneo FC 3-2 pada Laga pembuka Grup D Piala Presiden 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (19/1/2018). Stefano Lilipaly menjadi bintang dalam laga tersebut karena pemain naturalisasi ini mencetak hat-trick alias trigol ke gawang Borneo FC.

Sejak sepak mula, Bali United langsung tampil agresif. Menit ketujuh, mereka sudah menciptakan peluang melalui sundulan Yandi Sofyan tetapi masih melebar di sisi kiri gawang lawan.

Sepuluh menit berselang, giliran Borneo FC menekan lewat tendangan jarak jauh Dody Alfayed yang juga melebar.

Menit ke-26, mistar gawang menyelamatkan Borneo FC dari kebobolan karena si kulit bulat hasil tembakan Miftahul Hamdi membenturnya. Dua menit berselang, lagi-lagi mistar gawang yang menjadi penyelamat karena bola sundulan Kevin Brands mengenainya dan tidak terjadi gol.

Asyik menyerang, Bali United justru tertinggal lebih dulu lewat gol sundulan Stevan Markovic yang menerima umpan sepak pojok. Bola sundulannya memantul ke tanah dan bersarang di sisi kanan gawang Made Wardana. Gol Markovic sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 untuk Borneo FC.

Pada babak kedua, Bali United menambah amunisi serangan dengan memasukkan Fadil Sausu dan Ilija Spasojevic. Setelah itu, Hanis Saghara dan Lilipaly dimasukkan untuk menambah daya gedor.

Kebuntuan Bali United pecah pada menit ke-66. Berawal dari tendangan bebas Fadil Sausu yang disapu pemain belakang Borneo FC, terjadi bola liar yang di depan kotak penalti yang berhasil disambar Lilipaly ke tengah gawang Nadeo yang sudah salah posisi. Skor menjadi imbang 1-1.

Menit ke-81, bola mengenai tangan pemain bertahan Borneo FC, Habibi, di kotak penalti sehingga wasit memberikan hukuman penalti. Lilipaly yang menjadi eksekutor mampu mengonversinya menjadi gol. Skor 2-1 untuk Bali United.

Tujuh menit berselang, Borneo FC bisa menyamakan kedudukan lewat serangan balik. Andre Luis dengan jeli memanfaatkan kesalahan kiper Bali United yang terlambat mengejar bola sehingga Andre Luis bisa mengarahkan bola ke gawang yang tidak terkawal lagi.

Drama terjadi pada akhir pertandingan. Lilipaly berhasil mencetak hat-trick pada menit ke-92, memanfaatkan bola tendangan roket Fadil Sausu yang tak mampu dipeluk dengan erat oleh Nadeo. Bola pantul langsung disambar Lilipaly yang sudah menyambutnya di depan gawang Borneo FC.

Dengan kemenangan ini, Bali United berada di puncak klasemen sementara Grup D dengan raihan tiga poin. (Stefanus Aranditio)

Susunan pemain:

Bali United: I Made Wardana (C); Dias Angga Putra, A Ngurah Nanak, Setia Budi, Taufik Hidayat, I Kadek Agung, Kevin Brands, Miftahul Hamdi, Yandi Sofyan, I Nyoman Sukarja.

Cadangan: I Putu Pager, Fadil Sausu, Ricky Fajrin, Bruno Demerson, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, Hanis Saghara.

Borneo FC: Nadeo Argawinata; Yericho C, S Markovic, Habibi, Nur Diansyah, M Ridhuan, K Abdelkbir, Dody Alfayed, Riswan Yusman, Wahyudi Hamisi, Andre Luis.

Cadangan: M Listianto, Bursanuddin A, Zulvin Zamrun, Jusmadi, Aulia Hidayat, Febri Hamzah, Iftiqal Rizal.

(KOMPAS.com)