Italia Tahan Inggris di Stadion Wembley

oleh

Tim nasional Inggris bermain imbang 1-1 melawan timnas Italia pada laga uji coba di Stadion Wembley, Selasa (27/3/2018) atau Rabu dini hari WIB.

Sempat unggul via gol Jamie Vardy, Inggris harus puas dengan hasil imbang lantaran gol penalti Lorenzo Insigne, tiga menit menjelang laga berakhir.

Pada sepanjang pertandingan, timnas Italia mampu mendominasi pertandingan lebih banyak dengan memiliki 52 persen penguasaan bola.

Namun, timnas Inggris mampu tampil lebih efektif dengan memiliki 12 peluang yang 6 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan timnas Italia hanya mampu melepaskan 9 tembakan dengan 2 shots on target.

Pada menit ke-26, Jamie Vardy memecah kebuntuan laga. Berawal dari aksi individu Raheem Sterling yang dilanggar oleh para pemain bertahan Italia, tendangan bebas dilakukan dengan cepat oleh Jesse Lingard di dekat lokasi kejadian.

Bola pun langsung diberikan Lingard kepada Vardy. Tak terkawal, striker Leicester City itu mengakhirinya dengan sebuah tembakan keras yang tak mampu diantisipasi Donnarumma.

Pada babak kedua, performa timnas Inggris semakin baik dan memiliki penguasaan bola lebih banyak dari sebelumnya. Beberapa peluang pun mampu diciptakan, meski sulit untuk menjadi gol.

Baru pada menit ke-87, timnas Italia sukses menyamakan kedudukan melalui eksekusi tendangan penalti Insigne. Penalti ini didapat Italia setelah wasit Deniz Aytekin menyatakan James Tarkowski telah melakukan pelanggaran kepada Federico Chiesa di area terlarang, memanfaatkan video bantuan wasit (VAR).

Hal ini tentu sangat mengecewakan bagi tim Inggris, terlebih untuk Tarkowski, mengingat laga ini adalah debutnya. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir laga.

Hasil ini tentu sangat mengecewakan bagi Inggris, tetapi setidaknya mereka mampu memperpanjang rekor tak terkalahkan menjadi delapan pertandingan.

Sedangkan bagi Italia, hasil imbang ini bisa menjadi awal kebangkitan mereka setelah tersingkir dari Piala Dunia 2018 dan dikalahkan Argentina dengan skor 0-2 pada akhir pekan lalu. (Verdi Hendrawan)

Inggris 1-1 Italia (Jamie Vardy 26′; Lorenzo Insigne 87′-pen)

Inggris: 1-Jack Butland, 4-Kyle Walker, 2-Kieran Trippier (12-Danny Rose 60′), 6-James Tarkowski, 5-John Stones, 3-Ashley Young, 7-Alex Oxlade-Chamberlain (18-Adam Lallana 60′), 10-Raheem Sterling, 11-Jesse Lingard (19-Lewis Cook 71′), 8-Eric Dier, 9-Jamie Vardy (21-Marcus Rashford 70′)

Pelatih: Gareth Southgate

Italia: 26-Gianluigi Donnarumma, 19-Leonardo Bonucci, 2-Mattia De Sciglio, 15-Daniele Rugani, 21-Davide Zappacosta, 6-Antonio Candreva (25-Federico Chiesa 56′), 18-Marco Parolo, 14-Jorginho, 16-Lorenzo Pellegrini (20-Roberto Gagliardini 79′), 17-Ciro Immobile (9-Andrea Belotti 64′), 10-Lorenzo Insigne

Pelatih: Luigi Di Biagio

(kompas.com)