Kabur dari Klub Malaysia, Jorge Pereyra Diaz Cocok untuk Persib

oleh

Jorge Pereyra Diaz dikabarkan akan merapat ke Persib Bandung. Pemain asal Argentina itu saat ini statusnya tengah kabur dari klubnya di Malaysia, Johor Darul Takzim.

Persib Bandung sedang gencar dikaitkan dengan dua pemain asing. Kedua pemain yang sama-sama berasal dari Argentina tersebut adalah Jorge Pereyra Diaz dan Jonathan Bauman.
Dari kedua pemain tersebut siapa yang lebih pantas membela Persib? Jorge Diaz pantas lebih dikedepankan.

Gelandang berusia 27 tahun tersebut adalah pemain serbabisa. Diaz bisa tampil sebagai pemain sayap kanan dan kiri, serta penyerang lubang.

Kelebihan Diaz tersebut jelas dibutuhkan Persib. Gambarannya seperti ini. Pemain berpostur 1,78 meter tersebut bisa menjadi solusi di sektor sayap yang kurang garang selama ini. Sejauh ini, Persib memiliki winger seperti Atep, Billy Keraf, Febri Hariyadi, Ghozali Siregar, dan Puja Abdillah.

Satu-satunya pemain berpengalaman di antara pemain tersebut adalah Atep. Namun, performa Atep tidak lagi sesuai harapan. Selain Atep, Febri juga cukup pengalaman. Persoalannya, dia dipastikan akan lebih banyak meninggalkan Persib karena harus memperkuat timnas dalam pemusatan latihan atau Asian Games.

Jadi, Diaz bisa dikatakan solusi yang tepat di sektor sayap.Selain bisa menjadi winger, pemain berusia 27 tahun itu juga piawai sebagai penyerang lubang.

Jadi yang Kedua Dipecat oleh Klub Liga Super Malaysia 2018) Tentunya, dia bisa membantu meringkankan tugas Ezechiel N’Douassel dalam urusan mencetak gol. Bahkan, Diaz sendiri bukan tidak mungkin menjadi mesin gol untuk Maung Bandung. Tengok saja rekam jejaknya bersama Johor Darul Takzim sebelum kabur dari klub Malaysia tersebut sejak 24 Februari 2018.

Diaz telah meninggalkan hotel yang ditempati oleh tim di Singapura pada pukul 24.00 malam, tepat sebelum JDT terbang ke Vietnam untuk mengikuti kejuaraan AFC.

Sebelum memutuskan kabur, Diaz sudah enam kali memperkuat JDT.

Catatannya luar biasa karena dia bisa mencetak lima gol dan satu assist. Satu gol di antaranya diciptakan pemain kelahiran La Rioja, Argentina, saat JDT mengalahkan Persija Jakarta pada pertandingan pertama penyisihan Grup H Piala AFC 2018 pada 14 Februari 2018.

Jadi, Diaz diprediksi akan menjadi idola baru di Persib nantinya. Terlebih, dia sudah mengenal sosok sang pelatih Roberto Carlos Mario Gomez. Akan tetapi, Persib bakal mendapatkan kesulitan pelik untuk memboyong Diaz. Kabarnya, JDT tidak akan mengeluarkan surat keluar untuk Diaz.

Johor Darul Takzim disebut tak bakal mengeluarkan International Transfer Certificate (ITC). Jika ITC tidak keluar, Diaz dipastikan tak bakal bisa membela klub mana pun lagi.

“Diaz bisa saja pergi ke tim mana pun sekarang. Masalahnya, dia akan kesulitan mendapatkan ITC apabila dokumen yang dibutuhkan untuk Transfer Matching System (TMS) tidak lengkap,” ujar Effendi Jagan Abdullah, Direktur Utama perusahaan agensi pemain Action Football Asia (AFA), sebagaimana dilansir BolaSport.com dari News Straits Times.

Kendati demikian, Persib bisa saja mendapatkan tanda tangan Diaz. Syaratnya, sang pemain membayar biaya kompensasi ke klub lamanya sesuai dengan sisa kontrak.

Apabila sang pemain tidak membayar kompensasi, barulah klub bisa menahan dokumen pemain. Klub juga harus punya alasan kuat untuk melakukan hal tersebut.

(Kompas)