Preview Liga Inggris: Manchester United Vs Liverpool

oleh

Laga besar akan terjadi di Inggris pada pekan ke-29, Sabtu (10/3/2018). Manchester United akan menjamu Liverpool dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Manchester.

Tidak bisa dimungkiri, De Gea menjadi sosok pahlawan Manchester United dalam beberapa tahun terakhir. Aksi kiper asal Spanyol itu di bawah mistar sering menjadi penyelamat poin The Red Devils.

Secara statistik, De Gea juga mencatat 81 persen penyelamatan sepanjang musim ini. Tidak ada kiper yang mampu memiliki persentase sebaik De Gea dalam tujuh tahun terakhir di Premier League.

Di antara enam tim peringkat teratas Premier League, hanya De Gea yang menempati posisi 10 besar kiper dengan penyelamatan terbanyak. De Gea melakukan 95 penyelamatan (peringkat keempat) dan hanya kalah dari Jack Butland, Lukasz Fabianski, serta Jordan Pickford.

Statistik itu menunjukkan bahwa gawang Manchester United tetap aman di bawah kendali De Gea. Dari 29 pertandingan, Manchester United kebobolan 22 gol atau menjadi yang terbaik kedua setelah Manchester City (20 kebobolan).

Tantangan besar De Gea menjaga gawang timnya akan datang dari Mohamed Salah. Sang tamu, Liverpool, membawa “senjata mematikan” dalam diri Salah.

Performa pemain asal Mesir itu sedang meninggi setelah mampu mencetak gol dalam lima laga terakhir di Premier League. Kini, Salah (bersama Harry Kane) menjadi pencetak gol terbanyak sementara Premier League dengan raihan 24 gol.

Tidak hanya piawai mencetak gol, Salah juga sering memberikan umpan berujung gol kepada rekan-rekannya. Tercatat, eks pemain Chelsea dan AS Roma itu sudah memberikan delapan assist.

Jika ditotal, Salah terlibat dalam 32 gol Liverpool pada musim ini. Rata-rata, Salah hanya membutuhkan 69 menit untuk berkontribusi dalam gol Liverpool.

Semua atribut tersebut cukup untuk menjelaskan pentingnya peran De Gea maupun Salah bagi tim masing-masing. Jadi, siapa yang nanti akan berperan besar membawa timnya meraih kemenangan?

Perkiraan susunan pemain

Manchester United: David de Gea; Antonio Valencia, Eric Bailly, Chris Smalling, Ashley Young; Scott McTominay, Nemanja Matic, Paul Pogba; Jesse Lingard, Romelu Lukaku, Alexis Sanchez

Manajer: Jose Mourinho

Liverpool: Loris Karius; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain, Jordan Henderson, Emre Can; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane

Manajer: Jurgen Klopp

 

(liputan6)