AFC Bedah Permainan 3 Pemain Andalan Persija

oleh

Jakarta telah memastikan diri lolos dari fase grup Cup 2018. Hebatnya, Macan Kemayoran, julukan Persija, keluar sebagai juara Grup H setelah mengalahkan Tampines Rovers.

Macan Kemayoran menang 4-2 atas wakil asal Singapura di Jalan Besar Stadium, Selasa (24/4/2018). Empat gol Persija dicetak oleh Rezaldi Hehanusa, Marko Simic, Novri Setiawan, dan Addison Alves. Sedangkan dua gol balasan Tampines Rovers dicetak Jordan Webb dan Fazrul Nawas.

Kemenangan tersebut membuat Persija juara Grup H dengan raihan 13 poin dari enam laga. Persija pun berhasil memastikan satu tiket di semifinal AFC Cup zona ASEAN.

Persija menjadi salah satu tim menarik di AFC Cup. Karena hal tersebut, situs resmi Federasi Sepak Bola Asia (AFC) membedah kekuatan tiga pemain adalan Persija saat melawan Tampines Rovers.

Marko Simic

Satu gol yang dicetak Simic ke gawang Tampines Rovers membuatnya berada di puncak top scorer AFC Cup. Simic sudah mencetak delapan gol untuk Macan Kemayoran di ajang ini.

Bomber Persija itu bersaing dengan striker Ceres Negros, Bienvenido Maranon. Striker tim asal Filipina itu mencetak tujuh gol di AFC Cup.

Menurut AFC, Simic tidak hanya melakukan pergerakan di lini pertahanan lawan saja. Striker asal Kroasia itu mau menjemput bola untuk mengelabuhi lawan.

Tak hanya itu, pergerakan tanpa bola Simic juga sangat bagus. Gol ketiga Persija ke gawang Tampines Rovers terjadi karena dua bek lawan lebih fokus dengan pergerakan Simic, tanpa menyadari Novri Setyawan yang berdiri bebas tanpa kawalan.

Riko Simanjuntak

Winger Persija, Riko Simanjuntak, berada di posisi teratas dalam daftar raja assist AFC Cup 2018. Riko sudah mencatatkan lima assist.

Hebatnya, tiga dari lima assist yang sudah dicetaknya, dilakukan eks Semen Padang itu saat melawan Tampines Rovers di Jalan Besar Stadium.

Riko merupakan kreator untuk gol pembuka Persija ke gawang Tampines yang dicetak Rezaldi Hehanusa pada menit ke-23. Riko memberikan dua assist lagi untuk gol yang dijaringkan Marko Simic (45+1′) dan Novri Setiawan (51′)

AFC menyebut pergerakan Riko sangat luar biasa, meski mendapat kawalan yang luar biasa di sisi kanan pertahanan Tampines Rovers. Namun sayangnya, tak ada bek tim asal Singapura itu yang mampu menghentikan kecepatan dan kelincahan Rico.

Rezaldi Hehanusa

Sibuknya pemain Tampines Rovers menghentikan pergerakan Riko membuat Rezaldi Hehanusa semakin leluasa mengeksploitasi sisi kanan. Rezaldi sering membantu serangan Macan Kemayoran.

Hal itu ditunjukkan dengan gol yang dicetak Rezaldi ke gawang Tampines. Dia berhasil menemukan celah di dalam kotak penalti Tampines saat para bek lawan fokus dengan pergerakan Riko dan Simic.

Bek sayap Timnas Indonesia U-23 itu juga tercatat membuat tiga peluang di kotak penalti Tampines Rovers. Itu menunjukkan betapa berbahayanya Rezaldi.

 

(Liputan6)