Catatan Gol dan Assist Pemain Indonesia pada Pekan Kedua Liga 1

oleh

Senin (2/4/2018) malam, pekan kedua Liga 1 2018 rampung. Pada pekan kedua, tercipta total 20 gol, dua di antaranya merupakan gol bunuh diri.

Sama halnya dengan pekan pertama, pekan ini skor terbesar adalah 3-1.Ada dua laga berakhir dengan skor tersebut, yakni Persija Jakarta vs Arema FC dan Sriwijaya FC vs Persib Bandung.

Ada hal menarik dari catatan gol pekan kedua. Pemain asli Indonesia – tidak termasuk pemain naturalisasi, hanya lima orang yang bisa mencetak gol pada pekan ini.

Mereka adalah Suhandi (PSMS Medan), Dandi Maulana (Barito Putera), Markcho Sandy (Sriwijaya FC), Lerby Eliandry (Borneo FC), dan Wawan Febriyanto (PS Tira).

Kelima pemain tersebut masing-masing mencetak satu gol. Total, sudah ada 11 pemain asli Indonesia yang berbeda yang mencetak gol di Liga 1 2018.

Pemain Perseru Serui, Donni Monim, tidak dihitung sebagai pencetak gol untuk timnya karena melakukan gol bunuh diri yang membuat PSM Makassar menang 1-0.

Di luar itu, pemain yang “berbau” Indonesia alias naturalisasi tak mau kalah dalam memberikan kontribusi. Sebanyak 14 pemain naturalisasi tampil di Liga 1.

Pemain naturalisasi yang mencetak gol pada pekan ini adalah Esteban Vizcarra (Sriwijaya FC) dan Herman Dzumafo (Bhayangkara FC). Kedua pemain ini menambah daftar pencetak gol pemain naturalisasi.

Sebelumnya pada pekan pertama, pemain naturalisasi yang mencetak gol adalah Stefano Lilipaly (Bali United), Raphael Maitimo (Madura United), dan Greg Nwokolo (Madura United).

Lalu, negara mana yang mendominasi daftar pencetak gol terbanyak di Liga 1? Selain Indonesia, ada pemain dari lima negara yang mencatatkan namanya di papan skor.

Sama dengan Indonesia, Brasil menjadi negara penyumbang pemain yang mencetak gol terbanyak pada pekan ini, yakni lima orang. Di bawah Brasil, ada Kroasia dengan diwakili dua pemain, sisanya dibagi rata untuk tiga negara, yaituTurkmenistan, Tajikistan, dan Chad.

Kontribusi pemain lokal dalam menjadi kreator gol timnya tak kalah hebat. Tercatat ada 10 pemain lokal – dua di antaranya pemain naturalisasi – yang mencetak assist.

Bek Persija Jakarta, Ismed Sofyan, menjadi satu-satunya pemain yang mencetak dua assist dalam satu pertandingan timnya mengalahkan Arema FC dengan skor 3-1.

Sementara pemain asing yang meghasilkan umpan matang hanya lima pemain. Mereka adalah Robertino Pugliara (Persebaya), Nikola Komazec (Bhayangkara FC), Matias Cordoba (Bhayangkara FC), Makan Konate (Sriwijaya FC), dan Jonathan Bauman (Persib Bandung).

Berikut daftar pencetak gol dan assist pekan kedua Liga 1

Persela Lamongan 1-1 Persebaya Surabaya (Diego Assis [Brasil]; David Silva [Brasil])

Assist: Saddil Ramdani (Indonesia); Robertino Pugliara (Argentina)

PSMS Medan 1-2 Bhayangkara FC (Suhandi [Indonesia]; Herman Dzumafo [naturalisasi asal Kamerun], Nikola Komazec [Kroasia])

Assist: Abdul Akbar (Indonesia); Nikola Komazec (Krosia),Muhammad Hargianto (Indonesia)

Barito Putera 2-2 Persipura Jayapura (Douglas Packer [Brasil], Dandi Maulana [Indonesia];gol bunuh diri Dandi, Marcel Sacramento [Brasil])

Assist: Matias Cordoba (Argentina); Boaz Solossa (Indonesia)

Persija Jakarta 3-1 Arema FC (Marko Simic 2 gol [Kroasia], Jaimerson da Silva [Brasil]; Ahmet Atayew [Turkmenistan]) Assist: Rezaldi Hehanussa (Indonesia), Ismed Sofyan 2 assist (Indonesia)

Sriwijaya FC 3-1 Persib Bandung (Esteban Vizcarra [naturalisasi asal Argentina], Marckho Sandy [Indonesia], Manuchekhr Dzhalilov [Tajikistan]; Ezechiel N’Douassel [Chad]

Assist: Alberto Goncalves (naturalisasi asal Brasil), Makan Konate (Mali), Esteban Vizcarra (naturalisasi asal Argentina); Jonathan Bauman (Argentina)

Mitra Kukar 0-1 Borneo FC (Lerby Eliandry [Indonesia])

Assist: Abrizal Umanailo (Indonesia)

PS Tira 1-0 Madura United (Wawan Febrianto)

Asisst: Firmansyah Keterangan: Laga PSIS Semarang versus Bali United berakhir imbang tanpa gol dan gol pada laga Perserui Serui vs PSM Makassar tidak dihitung karena merupakan gol bunuh diri.

(Kompas.com)