MotoGP: 9 Pembalap Ini Berpeluang Ulangi Prestasi Musim 2016

oleh

Sebanyak 9 pembalap MotoGP pada musim 2016 pernah mengukir sejarah di kejuaraan grand prix dengan meraih kemenangan dalam semusim. Tentunya hasil positif itu memberikan warna baru pada gelaran balap motor paling bergengsi di dunia.

Para pembalap yang sukses mematahkan rekor sebelumnya itu, adalah Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Jack Miller, Cal Crutchlow, Andrea Iannone, Maverick Vinales, dan Dani Pedrosa. Lantas, akankah peristiwa itu bakal terulang di musim ini?

Rasanya pertanyaan itu pantas diajukan mengingat ada beberapa pembalap yang sudah tampil impresif selama balapan pembuka MotoGP di Qatar. Pertarungan Dovizioso, Marquez, dan Rossi berhasil menyuguhkan hiburan yang menarik selama mengaspal di Sirkuit Losail.

Selain ketiga pembalap tersebut, ada beberapa rider lain yang juga tampil mengesankan. Mereka adalah Johann Zarco, Iannone, dan Danilo Petrucci. Jadi tak aneh jika penikmat MotoGP berharap peristiwa di tahun 2016 bisa terulang atau justru melebihi capaian yang pernah ditorehkan dua tahun lalu.

Sulit Kalahkan Marquez

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez memiliki beberapa ritual sebelum memulai balapan MotoGP. (Twitter/HRC_MotoGP)
Alex Criville selaku mantan juara dunia di kelas 500 cc meyakini hal itu bisa saja terjadi. “Saya tidak akan mengatakan akan ada sembilan pembalap, karena saat ini sangat sulit untuk mengalahkan Marquez atau Dovi. Jadi mungkin ada enam atau tujuh pembalap berbeda yang dapat memenangkan balapan,” kata Criville.

“Selain Dovi dan Marquez yang bisa mengamankan kemenangan. Pedrosa, Rossi, Vinales, Lorenzo, Rins, Crutchlow, dan Zarco mungkin bakal bertarung memperebutkan kemenangan. Tidak akan mengejutkan untuk mencapai angka dari 2016. Meskipun itu sulit, persamaan yang telah kita lihat membuat kita berpikir bahwa itu mungkin,” tambah Criville.

Sesi Latihan Bebas

Dani Pedrosa, MotoGP, Honda

Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa (26), finis ketujuh pada balapan MotoGP Qatar, 18 Maret 2018. (Motogp.com)
Saat ini para pembalap di tiga kelas berbeda (Moto3, Moto2, dan MotoGP) sedang berada di Argentina untuk menjalani balapan seri kedua MotoGP. Sebelum balapan, seperti biasa akan ada serangkaian sesi latihan bebas dan kualifikasi yang bakal dijalani dan dijadwalkan dimulai hari ini.

(Liputan6)