Uzbekistan Resmi Gantikan Malaysia di Piala Milad PSSI 2018

oleh

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya memutuskan timnas Uzbekistan ikut dalam gelaran Piala Milad PSSI 2018. Negara wakil dari Asia Tengah itu menggantikan timnas Malaysia yang mundur dalam kejuaraan yang juga sebagai test event sepak bola Asian Games 2018 tersebut.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria menyatakan, kepesertaan Uzbekistan akan menjadikan Piala Milad PSSI makin kompetitif. Sebab, tim asuhan pelatih Rashan Khaydarov tersebut merupakan pemegang gelar juara Piala Asia 2017.

“PSSI memang sangat serius untuk menuju Asian Games tahun ini. Karena itu, kami membuat turnamen Piala PSSI ini dengan mengundang tim-tim papan atas,” kata Ratu, Jumat (13/4).

Menurut Ratu, keberadaan timnas Uzbekiztan tetap menggenapkan jumlah empat peserta dalam perebutan Piala Milad PSSI tahun ini. Sejak awal PSSI memang cuma akan mempertandingkan empat tim dalam gelaran pemanasan menuju Asian Games tersebut, yaitu dengan mengundang tiga negara peserta, Malaysia, Bahrain, dan Korea Utara (Korut).

Akan tetapi, pada Kamis (12/4), Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengungkapkan keputusan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) yang membatalkan partisipasi. Keputusan mundurnya Malaysia membuat PSSI mencari negara peserta pengganti.

Joko menambahkan, sebetulnya selain Uzbekistan, federasi sepak bola nasional juga punya alternatif lain, yakni timnas Senegal dari Afrika. Namun, timnas Uzbekiztan akan lebih tepat daripada Senegal sebab Piala Milad PSSI juga persiapan Indonesia menuju Asian Games pada Agustus mendatang.

Keputusan mundurnya timnas Malaysia juga membuat gelaran Piala Milad PSSI mengubah jadwal tanding. Sejak awal PSSI mengagendakan kick-off perdana gelaran tersebut pada 27 April. Rencana semula kick-off perdana mempertandingkan Bahrain melawan Korut dan laga resmi pembukaan yang akan mempertemukan Indonesia dan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Perubahan peserta menjadikan kick-off perdana berganti menjadi Uzbekistan melawan Korut. Sementara itu, laga resmi pembukaan mempertandingkan antara Indonesia dan Bahrain. Lokasi tanding yang semula direncanakan di GBK juga berpindah ke Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Joko menerangkan, format kejuaran Piala Milad PSSI tahun ini dengan menggunakan sistem setengah kompetisi. Keempat tim akan saling bertanding untuk mengisi papan klasemen. Tim dengan kemenangan terbanyak akan menjadi juara.

Berikut jadwal laga gelaran Piala Milad PSSI 2018.

Jumat 27 April 2018

16.00 WIB: Uzbekistan vs Korea Utara

19.30 WIB: Indonesia vs Bahrain

Senin 30 April 2018

16.00 WIB: Bahrain vs Uzbekistan

19.30 WIB: Indonesia vs Korea Utara

Kamis 3 Mei 2018

16.00 WIB: Korea Utara vs Bahrain

19.30 WIB: Indonesia vs Uzbekistan

(REPUBLIKA.CO.ID)