Dovizioso Tuduh Lorenzo Sengaja Tutup Jalur di MotoGP Spanyol

oleh

Percikan pertikaian terjadi di tim Ducati setelah Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo terlibat dalam kecelakaan beruntun bersama Dani Pedrosa di Sirkuit Jerez tempat berlangsungnya MotoGP Spanyol.

Dovizioso mengaku dirinya mengalami kerugian lantaran gagal mendapatkan poin dari MotoGP Spanyol. Dengan keberhasilan Marc Marquez finis di posisi pertama, maka Dovizioso kini berjarak 24 poin dengan Marquez yang ada di puncak klasemen.

Dovizioso menegaskan dirinya sudah tak berpikir untuk meraih poin maksimal sebelum kecelakaan terjadi. Namun Dovizioso punya peluang bagus untuk meraup 20 poin dengan finis di posisi runner up pada balapan tersebut.

“Tidak, tidak, tidak. Pada momen itu saya sudah terlalu terlambat [untuk menyusul Marquez]. Saya kehilangan banyak waktu di belakang Jorge Lorenzo,” kata Dovizioso seperti dikutip dari Motorsport.

Andrea Dovizioso mengaku sudah cukup sabar untuk menyusul Jorge Lorenzo.Andrea Dovizioso mengaku sudah cukup sabar untuk menyusul Jorge Lorenzo.

Dovizioso menilai Lorenzo tak membiarkan dirinya menyusul meski Lorenzo menyadari kecepatan motornya saat itu kalah dari Dovizioso.

“Lorenzo cepat, namun ia terlalu lambat di tengah tikungan. Dia benar-benar kesulitan mengontrol ban depan. Saya rasa dia juga tak mau membiarkan saya mendahuluinya dan ia terlalu lama berhenti di tengah tikungan.”

“Itulah mengapa kami kehilangan banyak waktu dari Marc Marquez karena Lorenzo kesulitan [mempertahankan kecepatan] namun dia memperlambat laju motor untuk menutup pintu [agar saya tak bisa menyusulnya],” ucap Dovizioso.

Pebalap asal Italia itu mengakui bahwa dirinya sudah berupaya tenang dan sabar untuk bisa menyusul Lorenzo.

Andrea Dovizioso pulang tanpa poin dari MotoGP Spanyol.Andrea Dovizioso pulang tanpa poin dari MotoGP Spanyol.

“Saya butuh 10 lap, saya lupa berapa lap persisnya, untuk mencoba mendahului Lorenzo karena saya tak ingin melakukan kesalahan.”

“Bila saja saya ada di belakang Marc Marquez ketika ia mendahului Lorenzo, mungkin saya punya peluang untuk terus mengikuti Marquez. Mungkin,” ucap runner up MotoGP 2017 ini.

Kesabaran Dovizioso pada akhirnya memang tak berbuah manis. Motor Dovizioso terjatuh usai terkena efek benturan Pedrosa dan Lorenzo. Motor Lorenzo yang bertubrukan dengan motor Pedrosa mengarah ke motor Dovizioso yang sedang melaju di sisi kiri. Alhasil, Dovizioso turut terjatuh bersama Pedrosa dan Lorenzo.


Sebelum momen kecelakaan beruntun itu, Dovizioso baru saja mendahului Lorenzo namun kemudian ia agak sedikit melebar. Momen itu yang kemudian dimanfaatkan Lorenzo untuk kembali menyusul dari sisi dalam namun ia tak melihat kedatangan Pedrosa hingga akhirnya tabrakan beruntun itu terjadi.

(Cnn indonesia)